Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Struktur, Ciri-Ciri, Contoh Dan Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Struktur, Ciri-Ciri, Contoh Dan Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis. Jumpa lagi bersama webmateri.com. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun materi yang akan dibahas adalah mengenai pengertian teks tanggapan kritis, struktur teks tanggapan kritis, ciri-ciri teks tanggapan kritis, dan kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis serta contohnya. Untuk itu mari kita bersama-sama simak materinya dibawah ini.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis
Pengertian teks tanggapan kritis yaitu merupakan sebuah teks yang mengandung kritik yang tajam terhadap suatu permasalahan. Kejadian tersebut umumnya muncul pada saat debat dari dua orang atau lebih. Misalkan Budi menyampaikan kritik kepada Adi karena pernyataan Adi dianggap kurang oleh Budi. Hal ini juga dapat diartikan sebagai sebuah tanggapan atau nasehat yang dapat membangun pribadi kita, karena dibalik tanggapan tersebut biasanya mengandung alasan dari sudut pandang orang yang berbeda dan bisa saja lebih benar dari pendapat kita.

Struktur Teks Tanggapan Kritis
Struktur teks tanggapan kritis merupakan bagian-bagian yang membentuk sebuah teks sehingga dapat dikatakan sebagai teks tanggapan kritis. Adapun struktur tersebut terdiri dari 3 bagian yaitu :
  • Evaluasi, yaitu bagian awal yang terdapat dalam teks yang berisi pernyataan secara umum mengenai apa yang akan dituliskan pada teks tanggapan kritis tersebut.
  • Deskripsi Teks, yaitu bagian kedua yang merupakan bagian isi dari sebuah teks yang mengandung informasi mengenai pendapat atau tanggapan yang mendukung atau melemahkan sebuah pernyataan dalam teks tanggapan kritis.
  • Penegasan Ulang, yaitu bagian ketiga atau penutup dari sebuah teks tanggapan kritis yang berisikan paragraf keputusan dari apa yang telah dilakukan pada suatu hal yang ada pada teks tanggapan kritis.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis
Ciri-ciri teks tanggapan kritis yaitu merupakan tanda yang membuat kita lebih mudah mengetahui bahwa sebuah teks merupakan teks tanggapan kritis. Berikut beberapa ciri dari teks tanggapan kritis :
  • Mempunyai struktur yang terdiri dari 3 bagian yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.
  • Berisikan  kaidah kebahasaan yang hanya dimiliki oleh teks tanggapan kritis.
  • Memuat tanggapan terhadap suatu peristiwa yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari dan disertai dengan fakta dan alasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis
Kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis terdiri dari beberapa kaidah yaitu :
  • Terdapat Kata Rujukan, yaitu kalimat yang digunakan sebagai sumber informasi yang berfungsi sebagai penguat pernyataan yang juga biasa disebut sebagai referensi.
  • Terdapat Kalimat Kompleks, yaitu kalimat yang berisikan lebih dari dua verba dan dua struktur.
  • Terdapat Pilihan Kata, yaitu kata yang dipilih agar sesuai untuk dimasukkan kedalam teks tanggapan kritis.
  • Terdapat Konjungsi, yaitu kata-kata penghubung yang ada pada teks tanggapan kritis yang berfungsi sebagai penghubung setiap struktur dan setiap kata.
Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Struktur, Ciri-Ciri, Contoh Dan Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Kabut Asap Riau
sumber : melangkahdengankaki.blogspot.com
 
Akhir – akhir ini banyak stasiun televisi yang menyiarkan berita tentang kabut asap di Riau. Kabut asap tersebut disebabkan oleh kebakaran hutan yang cukup luas. Banyak warga Riau yang mengeluh terhadap bencana tersebut.
Kabut asap tersebut disebabkan oleh kebakaran hutan yang tidak henti –henti dan tidak tahu pasti penyebabnya. Ada yang mengatakan bahwa kebakaran hutan tersebut disebabkan oleh fenomena cuaca El Nino dan ada juga yang berkata bahwa hal tersebut disebabkan oleh ulah manusia. Bahkan ada juga yang berkata bahwa kebakaran hutan itu disebabkan oleh pabrik – pabrik yang berada disekitar hutan.
Jika ditelaah, kita tidak tahu pasti alasan yang kuat tentang kebakaran hutan di Riau karena pihak berwajib sedang menyelidiki kasus tersebut. Namun, dampak negatif dari hal tersebut sangat besar. Banyak warga yang sakit atau sesak nafas akibat kabut asap. Bahkan dampak negatif tersebut juga dirasakan oleh negara – negara tetangga.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebakaran hutan itu sulit untuk dipadampankan. Mungkin hal tersebut dikarenakan oleh titik kebakaran hutan cukup luas, kebakaran terjadi di lahan gambut, dan titik – titik api sulit dijangkau sehingga pihak pemerintah sulit untuk memadamkannya. Hal yang dapat membantu dalam proses pemadaman titik api adalah adanya bantuan dari masyarakat itu sendiri sehingga masyarakat itu tidak hanya mengeluh saja.

Demikian artikel dari webmateri yang berisikan materi Bahasa Indonesia mengenai Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Struktur, Ciri-Ciri, Contoh, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis. Semoga informasi ini dapat berguna bagi sobat sekalian.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: