Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri Kebahasaan, Dan Contoh Teks Berita

Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri Kebahasaan, Dan Contoh Teks Berita. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang akan dibahas kali ini adalah materi mengenai pengertian teks berita, struktur teks berita, ciri kebahasaan teks berita dan contoh teks berita. Mari kita bersama-sama menyimak materinya pada artikel kali ini.

Pengertian Teks Berita
Pengertian teks berita yaitu teks yang berisikan tentang suatu peristiwa yang terjadi dalam dunia ini yang disajikan pada media massa dalam bentuk tertulis, suara, video maupun lainnya yang dimuat pada situs-situs internet, media cetak, radio, televisi dan lainnya. Biasanya teks berita berisikan fakta.

Struktur Teks Berita
Struktur teks berita adalah bagian-bagian yang membentuk suatu teks berita. Bagian yang membentuk teks berita tersebut terbagi menjadi 3 bagian yaitu orientasi berita, peristiwa, dan sumber berita. Penjelasan bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut :
  • Orientasi berita yaitu bagian pembuka yang berisikan kalimat pembuka sebuah teks berita.
  • Peristiwa yaitu bagian yang merupakan inti paragraf dari sebuah teks berita, biasanya berisikan fakta yang disusun sedemikian rupa pada suatu teks berita.
  • Sumber berita yaitu bagian dari teks berita yang biasanya berada pada akhir teks berita yang berisikan sumber dari berita itu sendiri.
Baca Juga : Teks Eksplanasi (Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Dan Contohnya)
Ciri Kebahasaan Teks Berita
Ciri kebahasaan teks berita merupakan ciri-ciri yang ada pada sebuah teks berita, sehingga sebuah teks dapat dikatakan sebagai teks berita. Berikut ini ciri-cirinya :
  • Fokus pada peristiwa yang terjadi bukan pada pelakunya.
  • Menggunakan verba pewarta yang berisikan kalimat pemberitahuan informasi.
  • Menggunakan verba transitif.
  • Menggunakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
  • Terdapat penjelasan mengenai waktu dan tempat terjadinya suatu peristiwa
  • Biasanya menggunakan verba perilaku, yaitu kata kerja yang menunjukkan perilaku.

Teks berita biasanya mengandung susunan paragraf yang berisikan 5W 1 H. 5W 1H merupakan singkatan dari What, Where, When, Who, Why, and How. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :
  • What yaitu menyatakan apa yang diinformasikan pada teks berita.
  • Where yaitu menyatakan dimana peristiwa pada teks berita itu terjadi.
  • When yaitu menyatakan kapan peristiwa pada teks berita itu terjadi.
  • Who yaitu menyatakan siapa yang terlibat pada teks berita itu terjadi.
  • Why yaitu menyatakan kenapa peristiwa pada teks berita itu terjadi.
  • How yaitu menyatakan bagaimana peristiwa pada teks berita itu terjadi.
Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri Kebahasaan, Dan Contoh Teks Berita (image: freepik.com)

Contoh Teks Berita
Berikut ini terdapat contoh teks berita yang mengikuti prinsip 5W 1H. Simak beritanya dibawah ini :

Sumber : kaltim prokal
PROKAL.CO, BALIKPAPAN - Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) Balikpapan menyandang status baru. Paling mahal Indonesia dalam tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJPU) untuk penerbangan internasional.

Tarif PJPU atau yang dikenal airport tax di Bandara Sepinggan sebesar  Rp 225 ribu. Mengalahkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta T3 Ultimate yang memiliki tarif Rp 200 ribu dan Bandara Husein Sastranegara Bandung Rp 130 ribu. Kebijakan ini mulai berlaku sejak 1 Oktober 2016.

General Manager Bandara SAMSS Balikpapan Pujiono mengatakan, dari empat bandara yang dikelola Angkasa Pura I, hanya Bandara Sepinggan yang mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perhubungan untuk menaikkan tarif PJPU. “Namun, sebelumnya memang sudah ada survei untuk menaikkan tarif ini. Apapun yang kita usulkan harus dengan persetujuan Kementerian Perhubungan,” katanya kemarin. Tak hanya penerbangan internasional, airport tax penerbangan domestik juga ikut naik. Dari Rp 75 ribu menjadi Rp 100 ribu.

Pujiono mengatakan, airport tax yang dibebankan pada penumpang, sesungguhnya akan berdampak pada penumpang sendiri. Sebab, setiap penumpang berhak menikmati jasa pelayanan dan fasilitas di bandara tersebut. Efek lainnya, sambung dia jumlah pendapatan Angkasa Pura I Bandara Sepinggan pada tahun depan juga naik. “Saat ini masih Rp 480 miliar per tahun, targetnya 2017 menjadi Rp 600 miliar. Nantinya ada pendapatan dari tenant juga,” ucapnya.

Sementara itu, Corporate Secretary Angkasa Pura I Israwadi menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan keinginan penyesuaian tarif airport tax kepada Kementerian Perhubungan sejak akhir 2015. Kemudian baru disetujui bulan lalu. Besaran tarif meliputi biaya BHS (Baggage Handling System) dan pajak sebesar 10 persen. Airport tax sudah termasuk dalam tiket penumpang.

“Penyesuaian tarif dilakukan sebagai upaya menjaga kualitas pelayanan. Adapun tujuan lain untuk mengembalikan biaya pokok dan investasi pengembangan pintu gerbang pariwisata dan bisnis di wilayah Kaltim,” ungkapnya. Selain itu, penyesuaian tarif ini juga bertujuan mendukung upaya Angkasa Pura I dalam memberikan kenyamanan, keamanan, dan kelancaran bagi seluruh para pengguna jasa bandara. Penetapan tarif sesuai dengan UU 1/2009 tentang Penerbangan. Dalam Pasal 243, ditentukan bahwa setiap ketentuan dan prosedur tarif jasa diatur oleh Menteri Perhubungan. (*/gel/riz/k15)

Demikian artikel yang membahas mengenai  Pengertian Teks Berita, Struktur, Ciri Kebahasaan, Dan Contoh Teks Berita mata pelajaran Bahasa Indonesia. Terima kasih atas kunjungan sobat ke webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: