Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan sebuah materi mengenai mata pelajaran IPS yaitu tentang Letak Astronomis dari Negara Indonesia. Dimana materinya akan dibahas dibawah ini. Mari kita simak bersama materinya.

Pengertian Letak Astronomis
Pengertian letak astronomis yaitu letak suatu wilayah pulau, benua, atau lautan berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur terhadap wilayah tersebut. 

Letak Astronomis Indonesia
Sedangkan untuk letak astronomis Indonesia berada di garis lintang 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat Lintang Selatan, serta di garis bujur 95 derajat Bujur Timur - 141 derajat Bujur Timur. 

Dilihat dari posisi garis lintang dan bujur tersebut terdapat wilayah indonesia yang merupakan wilayah paling ujung disetiap bagiannya. Pada bagian utara di 6 derajat Lintang Utara terdapat Pulau Weh yang terletak di Provinsi Aceh. Pada bagian paling selatan di 11 derajat Lintang Selatan terdapat Pulau Roti yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan pada bagian paling kiri atau barat di 95 derajat Bujur Timur terdapat di Pulau Benggala. Di wilayah paling timur di 141 derajat Bujur Timur terdapat di Sota, Merauke.

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Terhadap Iklim Indonesia
Karena letak astronomis Indonesia yang letak lintang nya berada di 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat Lintang Selatan maka Indonesia termasuk wilayah yang beriklim Tropis. Iklim tropis sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Banyak terjadinya penguapan air sehingga kelembaban udaranya cukup tinggi
  • Memiliki curah hujan yang tinggi
  • Memiliki hutan hujan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi
  • Menerima penyinaran matahari sepanjang tahun
Letak Astronomis Indonesia (image : Sayyidil Barokah)

Sedangkan pengaruh garis bujur Indonesia terhadap letak astronomisnya adalah terdapatnya pembagian tiga (3) wilayah waktu di Indonesia. Dengan terletak di 95 derajat Bujur Timur - 141 derajat Bujur Timur, Indonesia memiliki pembagian waktu yaitu WIB, WITA, dan WIT. Berikut ini daerah yang terdapat dimasing-masing pembagian waktu tersebut :
  • WIB = Waktu Indonesia Barat yang meliputi seluruh Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan wilayah pulau-pulau kecil lainnya disekitarnya. Dengan posisi +7 jam lebih awal dari waktu GMT (Greenwich Mean Time).
  • WITA = Waktu Indonesia Tengah yang meliputi Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi, serta wilayah pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya. Dengan posisi +8 jam lebih awal dari waktu GMT (Greenwich Mean Time).
  • WIT = Waktu Indonesia Timur yang meliputi Maluku, Papua, serta wilayah pulau-pulau kecil disekitarnya. Dengan posisi +9 jam lebih awal dari waktu GMT (Greenwich Mean Time)

Demikian materi mengenai Letak Astronomis Indonesia, semoga artikel ini dapat berguna bagi sobat yang memerlukannya. Untuk materi lainnya silahkan cari pada website webmateri.com ini. Terima kasih telah berkunjung ke webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: