Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Dan Contoh Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, Ciri, Tujuan, Jenis, Dan Contoh Teks Eksposisi. Pada artikel kali ini webmateri akan memberikan materi yang menyangkut mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA. Materi yang dibahas kali ini adalah mengenai Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan Teks Eksposisi, Ciri-ciri Teks Eksposisi, Struktur Teks Eksposisi, dan Jenis Teks Eksposisi, serta Contoh Teks Eksposisi. Berikut penjelasan materinya dibawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian Teks Eksposisi yaitu sebuah tulisan atau paragraf yang mengandung pengetahuan ataupun informasi yang disajikan secara akurat, singkat, dan padat. Ada juga yang berpendapat bahwa Teks Eksposisi yaitu jenis teks atau tulisan yang menyampaikan gagasan-gagasan seseorang terhadap suatu topik bahasan, dimana didalam teks tersebut terdapat argumen atau alasan yang memperkuat gagasan tersebut.
Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, Ciri, Tujuan, Jenis, Dan Contoh Teks Eksposisi (image: freepik.com)


Struktur Teks Eksposisi
Struktur Teks Eksposisi yaitu bagian yang membentuk teks eksposisi, bagian-bagian tersebut antara lain Tesis (Pembukaan), Argumentasi (Isi), dan Penegasan Ulang.
  1. Tesis, berisikan paragraf tentang pembukaan dari topik yang dibahas.
  2. Argumentasi, berisikan paragraf tentang isi dari topik yang dibahas.
  3. Penegasan Ulang, berisikan paragraf tentang penegasan ulang pendapat penulis dari topik yang dibahas.

Ciri Teks Eksposisi
Ciri-ciri teks eksposisi antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Gaya bersifat informatif dan mengajak tetapi tidak memaksa pembaca
  2. Menjelaskan sesuatu informasi
  3. Berisikan fakta dari sumber yang akurat
  4. Bahasa Baku, Singkat, Padat, Akurat
  5. Biasanya penulis teks menjawab dari topik pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa

Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan teks eksposisi yaitu sebagai sarana untuk menjabarkan atau memberikan informasi-informasi tertentu agar informasi tersebut menjadi jelas demi bertambahnya wawasan informasi bagi pembaca teks tersebut.

Jenis Teks Eksposisi
Jenis teks eksposisi ada bermacam-macam diantaranya adalah seperti yang disebutkan dibawah ini :
  1. Teks Eksposisi Analisis
  2. Teks Eksposisi Berita
  3. Teks Eksposisi Definisi
  4. Teks Eksposisi Ilustrasi
  5. Teks Eksposisi Klasifikasi
  6. Teks Eksposisi Perbandingan
  7. Teks Eksposisi Pertentangan
  8. Teks Eksposisi Proses

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi ada bermacam-macam diantaranya teks eksposisi lingkup pendidikan dan lingkup lingkungan dibawah ini.

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia
by : ilmusiana.com

Tesis:
Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, namun tetap berjalan sebagimana mestinya.

Argumentasi:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.
Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam sekitar. Khususnya mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selama ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang:
Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan di paksakan. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Meskipun, mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, namun secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.


Kebersihan Lingkungan 
by : downloadcontohmakalahku.blogspot.co.id

Tesis:
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan ada bermacam macam jenisnya. Lingkungan yang ada di sekitar kita misalnya adalah lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Kebersihan Lingkungan yang ada di sekitar kita adalah tanggung jawab kita sebagai penghuninya. Jika kita tidak merawat lingkungan tempat kita tinggal maka kita akan merasakan akibatnya nanti. Kebersihan lingkungan sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut. 

Argumentasi:
Kebersihan Lingkungan adalah salah satu hal yang wajib di suatu lingkungan, jika lingkungan kita kotor, kita akan merasa risih dan kurang konsentrasi. Oleh karena itu, kebersihan lingkungan perlu dijaga. Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah misalnya membuang sampah di tempat sampah, tidak membuang sampah di kolong meja maupun di tempat lain selain tempat sampah dan melaksanakan tugas piket dengan sebaik baiknya. Sedangkan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah misalnya menyapu rumah dan halaman secara rutin, seusai makan piring langsung dicuci supaya tidak menumpuk dan menyebabkan bau yang kurang sedap. Membersihkan lingkungan harus dilakukan setiap saat karena jika kita menunda nunda, lama lama akan terasa malas melakukannya. Selain itu Kebersihan lingkungan bisa dijaga dengan Kerja bakti. Kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mengikuti program 3M untuk membasmi nyamuk nyamuk demam berdarah. 3M adalah mengubur, menguras, menutup. 

Penegasan Ulang:
Kebersihan lingkungan sangat diperlukan dan suatu hal yang wajib bagi suatu lingkungan. Jika Lingkungan kita bersih, kita akan merasa nyaman,tenang dan konsentrasi dalam melakukan berbagai hal. Tetapi jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan bisa mendapatkan penyakit. Jika kita konsentrasi, hasil yang kita capai biasanya lebih baik daripada saat kita tidak berkonsentrasi. Selain itu Kebersihan lingkungan perlu dijaga karena jika tidak akan menimbulkan berbagai penyakit. Contoh penyakit yang mungkin terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan lingkungan misalnya tipes, Demam berdarah, cacingan, Sakit kulit, Malaria, PES ataupun Leptopspirosis. Semua penyakit yang sudah di sebutkan tersebut bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu kita sangat memerlukan kesadaran tentang kebersihan lingkungan. Jika kita menjaga lingkungan dengan baik, lingkungan juga akan menjaga kita.
 
Demikian artikel yang berisikan materi mengenai Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis, Dan Contoh Teks Eksposisi. Semoga berguna bagi sobat sekalian.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: