Pengertian Singkatan Dan Akronim Beserta Contohnya

Pengertian Singkatan Dan Akronim Beserta Contohnya. Pada kesempatan kali ini materi yang akan diberikan oleh webmateri adalah mengenai pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP. Materi yang akan dibahas kali ini adalah pengertian singkatan dan akronim beserta contoh singkatan dan contoh akronim.

Pengertian Singkatan
Singkatan adalah bentuk yang dipendekkan dan terdiri dari atas satu huruf atau lebih dari huruf awal atau inisial sebuah kata. Ada beberapa macam singkatan yang sering kita temui dikehidupan sehari-hari seperti yang ada dibuku-buku. Contoh singkatan adalah sebagai berikut :

  • Singkatan nama orang, nama gelar, dan jabatan atau pangkat diikuti dengan tanda titik. Contohnya : Suman Hs. , M.Sc. , Kol. Kepanjangan Suman Hs. adalah Suman Hasibuan (nama seseorang), kepanjangan M.Sc. adalah master of science, kepanjangan Kol. adalah Colonel.
  • Singkatan  nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan atau organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri atas huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti dengan tanda titik. Contohnya DPR, Kepanjangan DPR adalah Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Singkatan umum yang terdiri atas tiga huruf atau lebih diikuti satu tanda titik. Contohnya dll. kepanjanngan dll. adalah dan lain-lain.
  • Lambang kimia, singkatan satuan ukuran, takaran, timbangan, dan mata uang tidak diikuti tanda titik. Contoh Cu, kg, Rp. Kepanjangan Cu adalah kuprum, kepanjangan kg adalah kilogram, kepanjangan Rp adalah rupiah.
  • Singkatan-singkatan yang dibuat oleh masyarakat modern untuk mempermudah komunikasi yang dilakukan, biasanya komunikasi melelalui program chatting di internet. Contohnya gws, sms, omg, www, html, http, it, lol, url. Kepanjangan gws adalah get well soon (semoga lekas sembuh), kepanjangan sms adalah short message service, kepanjangan omg adalah oh my god (ya tuhan), kepanjangan www adalah world wide web, kepanjangan html adalah hyper text markup language, kepanjangan http adalah hyper text transfer protocol, kepanjangan it adalah information technology, kepanjangan lol adalah Laugh Out Loud (tertawa terbahak), kepanjangan url adalah Uniform Resource Locator.
Pengertian Singkatan Dan Akronim Beserta Contohnya (image : freepik)

Pengertian Akronim
Pengertian akronim adalah singkatan yang berupa gabungan huruf awal, gabungan suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata. Ada beberapa macam akronim diantaranya sebagai berikut :

  • Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal dari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. Contohnya LAN, kepanjangan LAN adalah Local Area Network (jaringan area lokal).
  • Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal huruf kapital. Contohnya Bappenas, email, internet, web. Kepanjangan Bappenas adalah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, kepanjangan email adalah electronic mail (surat elektronik), kepanjangan internet adalah interconnected networking, kepanjangan web adalah website.
  • Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil. Contohnya pemilu, kepanjangan pemilu adalah pemilihan umum.

Demikian materi yang disajikan oleh webmateri mengenai pengertian singkatan dan akronim beserta contoh singkatan dan contoh akronim. Semoga artikel ini dapat berguna bagi sobat sekalian.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: