Pengertian Penyimpangan Sosial, Contoh Dan Macam Penyimpangan Sosial

Pengertian Penyimpangan Sosial, Contoh Dan Macam Penyimpangan Sosial. Halo sobat webmateri, kali ini webmateri akan memberikan materi tentang pelajaran IPS untuk SMP, materi tersebut tentang Pengertian dari Penyimpangan Sosial, contohnya dan macam-macam penyimpangan sosial. Mari disimak materinya dibawah ini.

Pengertian Penyimpangan Sosial
Perlu kita ketahui bahwa kehidupan di masyarakat ternyata ada individu-individu yang menyimpang dari nilai-nilai dan norma-norma sosial. Misalnya penyalahgunaan narkotika atau narkoba, perkelahian pelajar, penyimpangan seksual di luar pernikahan, pencurian, pembunuhan, penodongan, dan sebagainya.

Perilaku menyimpang tersebut tentu saja akan menganggu ketenangan dan ketertiban masyarakat, sehingga akan menimbulkan kekacauan di masyarakat. Penyimpangan sosial adalah perilaku yang melanggar nilai dan norma sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Macam - Macam Penyimpangan Sosial
Macam-macam penyimpangan sosial digolongkan atas dasar sifat dan pelakunya. Bisa dilihat penjelasannya sebagai berikut :
Berdasarkan Sifatnya, penyimpangan sosial berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua macam :
  • Penyimpangan primer, yaitu penyimpangan yang dilakukan seseorang hanya sesekali atau temporer, tidak dilakukan berulang-ulang. Perilaku menyimpang ini masih dapat diterima di masyarakat. Contohnya: 1. Orang yang belum membayar pajak. 2. Orang pada suatu ketika mabuk karena minuman keras, tetapi tidak diulangi lagi. 3. Sopir yang sesekali melanggar rambu-rambu lalu lintas.
  • Penyimpangan sekunder, yaitu perilaku menyimpang sering kali terjadi sehingga mengganggu orang lain, dan mengakibatkan nama pelaku itu sendiri menjadi jelek atau tercoreng bahkan dapat dihukum. Contohnya : 1. Peminum yang sering mabuk-mabukan dimana saja dia berada. 2. Seseorang sering melakukan pemerkosaan, pencurian, dan penodongan.
Penyimpangan Sosial, Contoh Dan Macam Penyimpangan Sosial (image : freepik.com)

Berdasarkan Pelakunya, penyimpangan sosial berdasarkan pelakunya dibagi menjadi dua yaitu :
  • Penyimpangan individual, yaitu perilaku menyimpang dilakukan sendirian. Contohnya : Seseorang yang melakukan pencurian seorang diri.
  • Penyimpangan kelompok, yaitu perilaku menyimpang dilakukan lebih dari satu orang atau kelompok atau secara kolektif bertentangan dengan norma-norma masyarakat. Contohnya : Kelompok sindikat pelaku kejahatan atau mafia, pemberontak.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: