Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli. Pada artikel kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai Manajemen. Materi yang akan diberikan kali ini lebih tepatnya adalah Pengertian Manajemen menurut para ahli. Mari kita simak bersama-sama materinya dibawah ini.

Asal kata Manajemen itu sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Manage, arti Manage adalah mengelola, mengendalikan, mengusahakan, mempimpin, dan mengurus. Pengertian Manajemen secara sederhana yaitu Sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan kegiatan organisasi dengan cara bekerja bersama dengan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh organisasi tersebut.

Pengertian Manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut :
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli (image : freepik.com)

"Pengertian manajemen adalah suatu seni, dimana setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain" By : Mary Parker F.

"Definisi Manajemen yaitu ilmu sekaligus seni, ataupun wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya." By : George R. Terry

"Arti Manajemen yaitu ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penyusunan, serta pengendalian dari sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan". By : Oey Liang Lee

"Manajemen adalah sebuah seni dalam mencapai tujuan yang diinginkan melalui usaha yang dilakukan orang lain". By : Lawrance A Appley

"Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien". By : Ricky W. Griffin

"Manajemen adalah sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian aktifitas yang dijalankan dengan sistematis." By : Wilson

Selain pengertian manajemen menurut para ahli diatas. Terdapat pula materi mengenai Proses Fungsi Manajemen, berikut ini terdapat penjelasannya.

Proses Fungsi Manajemen
Pada umumnya, terdapat beberapa proses dan fungsi yang biasa diimplementasikan dalam kegiatan manajemen, antara lain adalah sebagai berikut :

Perencanaan. Perencanaan adalah sebuah proses mendifinisikan tujuan dari organisasi, menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut dan merancang aktivitas kerja organisasi tersebut. Perencanaan bisa diartikan upaya dalam mengantisipasi adanya kecenderungan di masa mendatang dan penentuan sebuah strategi yang tepat agar bisa merealisasikan tujuan organisasi.

Pengorganisasian. Pengorganisasian adalah proses yang meliputi bagaimana strategi yang sudah dirumuskan pada saat tahap perencanaan digambarkan pada sebuah struktur organisasi yang tangguh, sesuai, dan lingkungan yang kondusif. Pengorganisasian bisa memberikan kepastian bahwa pihak pihak yang berada dalam organisasi bisa bekerja bersama sama dengan efektif dan efisien.

Pengarahan. Pengarahan adalah tahap dimana program diimplementasikan supaya bisa dilakukan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam sebuah organisasi. Pengarahan sebuah upaya dalam memotivasi pihak pihak tersebut agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan kesadaran penuh dan tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

Pengendalian. Pengendalian adalah upaya untuk memastikan semua kegiatan yang dijalankan bisa berjalan dengan semestinya, sesuai dengan tahap dan target yang telah ditetapkan walaupun ada beberapa perubahan perubahan minor yang bisa terjadi didalam lingkungan yang dihadapi.

Demikian artikel yang berisikan materi mengenai pengertian manajemen menurut para ahli. Semoga artikel ini berguna bagi sobat sekalian.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: