Pengertian Laut Teritorial, Zona Ekonomi Eksklusif, Pantai, Dan Pesisir

Pengertian Laut Teritorial, Zona Ekonomi Eksklusif, Pantai, Dan Pesisir. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran IPS untuk SMP. Adapun materi yang akan dibahas adalah mengenai pengertian laut teritorial, pengertian zona ekonomi eksklusif, pengertian pantai, dan pengertian pesisir. Mari kita simak bersama materinya dibawah ini.

Pengertian Laut Teritorial (Laut Wilayah)
Laut teritorial atau laut wilayah berada di luar garis pangkal lurus dengan jarak sejauh 12 mil dari garis pangkal lurus. Wilayah laut teritorial mempunyai kedaulatan secara penuh. Bahkan, bukan hanya terhadap laut dan dasar lautnya, melainkan juga terhadap udara diatasnya.

Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
Apabila kawasan teritorial sejauh 12 mil maka zona ekonomi eksklusif lebih luas lagi, yaitu sejauh 200 mil dari garis pangkal lurus. Pada zona ekonomi eksklusif, kita hanya berhak terhadap sumber daya alam yang ada didalamnya, pencegahan pencemaran lingkungan, dan pemilikan. Pada zona ini penerbangan, pelayaran, bahkan pemasangan kabel laut dipersilakan secara bebas.

Pengertian Pantai
Pengertian Pantai yaitu bagian daratan yang berbatasan dengan laut atau genangan air lainnya yang luas. Pantai mendapat pengaruh gelombang air laut secara langsung. Garis pantai mengalami perubahan yang konstan akibat proses abrasi dan pengendapan. Pantai dapat dibagi menjadi dua tipe yaitu berdasarkan letaknya adalah pantai landai dan pantai terjal.
  • Pantai landai, merupakan pantai yang terdapat di daratan rendah dimana bahan-bahan hasil erosi membentuk pengendapan di sepanjang pantai.
  • Pantai terjal, merupakan pantai yang terdapat di daerah pegunungan yang berbatasan langsung dengan laut.
Pengertian Laut Teritorial, Zona Ekonomi Eksklusif, Pantai, Dan Pesisir (image : Phillip)

Pengertian Pesisir
Pengertian pesisir yaitu lokasi pertemuan daratan dengan lautan. Batas pesisir dimulai dari batas permukaan air laut pada waktu surut terendah menuju ke arah darat sampai batas pasang tertinggi. Pesisir terbagi menjadi pesisir basah dan pesisir kering.

Demikian materi mengenai pengertian laut teritorial, pengertian zona ekonomi eksklusif, pengertian pantai, dan pengertian pesisir. Semoga dapat berguna bagi sobat webmateri sekalian.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: