Pengertian Interaksi Sosial dan Proses Sosial

Pengertian Interaksi Sosial dan Proses Sosial. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan informasi materi mengenai mata pelajaran IPS untuk SMP, materi tersebut adalah mengenai Pengertian interaksi sosial dan pengertian proses sosial. Mari kita simak bersama pembahasan materinya dibawah ini.

Pengertian Interaksi Sosial
Pengertian interaksi sosial adalah sebuah sarana atau alat dalam mencapai kehidupan sosial. Interaksi sosial juga memiliki pengertian yaitu hubungan yang tertata dalam bentuk tindakan-tindakan yang didasarkan pada nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Oleh karena itu interaksi sosial juga merupakan interaksi yang terjadi dalam kehidupan sosial.

Pengertian Proses Sosial
Pengertian proses sosial yaitu proses sosial dalam bentuknya yang paling umum adalah interaksi sosial. Interaksi sosial tersebut dapat terjadi jika satu individu melakukan tindakan, sehingga menimbulkan reaksi pada individu yang lain.
Pengertian Interaksi Sosial dan Proses Sosial (image : freepik.com)

Pola Interaksi Sosial
Pola interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
  1. Interaksi sosial antarindividu, yaitu interaksi dimulai ketika dua orang individu bertemu, kemudian saling menyapa, berjabat tangan, dan berkomunikasi sosial.
  2. Interaksi sosial antara individu dan kelompok, yaitu contohnya komunikasi antara dosen dan mahasiswanya.
  3. Interaksi sosial antar kelompok, yaitu contohnya dua keluarga yang tidak saling kenal dapat menjadi keluarga besar setelah terjadi ikatan pernikahan.

Baca Juga :( Pengertian Pengendalian Sosial dan Jenisnya )

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses sosial, faktor tersebut antara lain adalah Imitasi, Sugesti, Identifikasi dan Simpati.

Demikian artikel webmateri yang berisikan materi mengenai mata pelajaran IPS untuk SMP yaitu tentang Pengertian interaksi sosial dan pengertian proses sosial. Semoga dapat berguna bagi sobat sekalian.

Referensi :
Kartubi, Rudi. 2006. Intisari Pengetahuan Sosial SMP. Bandung: Pustaka Setia. Hal : 27-28
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: