Pengertian Dan Jenis Pengendalian Sosial

Pengertian Dan Jenis Pengendalian Sosial. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi tentang mata pelajaran IPS untuk SMP. Materi kali ini yang akan dibahas adalah tentang pengertian dari Pengendalian Sosial dan jenis-jenis dari pengendalian sosial itu sendiri. Mari kita simak materinya dibawah ini.

Pengertian Pengendalian Sosial
Pengendalian sosial itu memiliki arti yaitu suatu cara untuk mencegah terjadinya penyimpangan sosial yang dilakukan secara perorangan atau individu maupun oleh kelompok. Pengendalian sosial merupakan sistem kontrol sosial, sehingga penyimpangan sosial dapat ditanggulangi.

Jenis-Jenis Pengendalian Sosial
Ada beberapa macam jenis dari pengendalian sosial, diantaranya adalah Desas-Desus (Gosip), Teguran, Pendidikan, Agama, Hukuman.

Desas-Desus (Gosip)
Desas-desus atau yang biasa disebut gosip adalah suatu bentuk pengendalian sosial (kritik sosial) yang dibicarakan secara tertutup oleh masyarakat. Hal itu ditujukan kepada warga yang melakukan perilaku menyimpang dari norma-norma sosial. Contohnya apabila ada seorang pelajar yang ketahuan terlibat penyalahgunaan narkoba, maka pelajar tersebut menjadi bahan gosip oleh teman-temannya. Kemudian berkembang menjadi pembicaraan orang tua, masyarakat, dan guru.

Teguran
Dalam hal ini teguran merupakan kritik sosial yang dilakukan secara terbuka oleh warga masyarakat terhadap orang yang berperilaku menyimpang. Teguran biasanya dilakukan oleh orang dewasa, misalnya oleh orang tua, guru, dan tokoh masyarakat lainnya.
Teguran itu sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu :
  • Teguran Lisan, yaitu teguran yang dilakukan secara lisan kepada orang yang berperilaku menyimpang, contohnya : 1. Teguran atasan kepada bawahan yang melanggar aturan pekerjaan. 2. Teguran orang tua kepada anaknya yang berperilaku menyimpang. 3. Teguran guru kepada siswa yang melanggar aturan sekolah.
  • Teguran Tertulis, yaitu teguran yang dilakukan secara tertulis biasanya melalui surat. Biasanya dilakukan oleh pimpinan kepada bawahannya. Contohnya : 1. Teguran tertulis melalui surat dari seorang direktur kepada bawahannya yang melanggar aturan. 2. Teguran tertulis dari bupati kepada camat yang melanggar peraturan.

Pendidikan
Pendidikan itu sendiri sangat berperan sebagai alat pengendalian sosial. Karena pendidikan itu bukan hanya sebagai tempat mencari ilmu, tetapi juga dapat membina dan mengarahkan siswa dalam membentuk, sikap, perilaku, dan tindakan yang baik sesuai norma yang ada dimasyarakat.

Pengertian dan Jenis Pengendalian Sosial (image : freepik.com)

Agama
Agama juga sangat berguna sebagai pengendalian sosial. Agama tersebut berisikan perintah, larangan, dan anjuran kepada pemeluknya dalam menjalani hidup sebagai makhluk sosial dan makhluk Tuhan. Agama membimbing pemeluknya agar bersikap dan berperilaku baik di masyarakat. Apabila pemeluk agama berperilaku menyimpang atau melanggar norma-norma agama, maka ia akan mendapatkan dosa.

Hukuman
Hukuman itu sendiri adalah alat pengendalian sosial yang lebih tegas dan nyata sanksinya.  Seperti hukuman denda, hukuman penjara, atau bahkan hukuman mati. Hukuman dapat membuat jera para pelaku penyimpangan sosial, sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: