Pengertian Sosialisasi, Peran Sosial, Dan Status Sosial

Pengertian Sosialisasi, Peran Sosial, Dan Status Sosial. Kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran IPS untuk SMP. Materi yang akan dibahas kali ini adalah Pengertian Sosialisasi, Peran Sosial, dan Status Sosial.

Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses belajar interaksi dalam masyarakat sesuai dengan peranan yang dijalankan. Sosialisasi dimulai dari lingkungan keluarga atau kelompok-kelompok yang ada disekitar kehidupannya. Sosialisasi merupakan suatu proses yang berlangsung sepanjang hidup manusia, mulai masa kanak-kanak, remaja, dewasa, sampai meninggal.
Beberapa faktor yang membentuk kepribadian adalah :
  • Warisan biologis (keturunan)
  • Lingkungan sosial budaya
  • Lingkungan alam
  • Lingkungan kebudayaan

Pengertian Peran Sosial
Peran sosial berbeda dengan status sosial, namun keduanya saling berhubungan. Didalam masyarakat, seseorang selain memiliki peranan juga memiliki status (kedudukan) sosial. Peranan adalah dinamika dari kedudukan atau penggunaan dari hak dan kewajiban. Status adalah kedudukan sosial seseorang dalam kelompoknya (masyarakat).

Seseorang mempunyai peranan karena ia mempunyai kedudukan dalam masyarakat. Misalnya saja Budi mempunyai kedudukan sebagai suami sekaligus ayah, dan ketua RT. Sedangkan dikantornya Budi sebagai kepala bagian. Karena banyak kedudukan yang ia miliki maka peranan yang ditampilkanpun akan berbeda-beda sesuai dengan kedudukannya.

Pengertian Status Sosial
Status Sosial adalah kedudukan seseorang didalam suatu kelompok atau masyarakat. Didalam masyarakat status seseorang berbeda-beda. Status seseorang ditentukan oleh hubungannya dengan orang lain di masyarakat.
Status atau kedudukan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Ascribed status (bawaan lahir), yaitu kedudukan yang diperoleh dengan sendirinya, misalnya kedudukan seorang putra mahkota yang kemudian dinobatkan menjadi raja.
  • Achieved status, yaitu kedudukan yang diperoleh dengan cara berusaha (berjuang) sendiri. Misalnya seorang berjuang menjadi pemimpin partai politik.
  • Assigned status, yaitu kedudukan yang diperoleh dengan cara pemberian karena jasa-jasanya dalam masyarakat. Misalnya gelar sebagai pahlawan perang.
Pengertian Sosialisasi, Peran Sosial, Status Sosial (image : freepik.com)

Setiap orang di masyarakat kebanyakan memiliki lebih dari satu status, sehingga akan menimbulkan konflik status. Konflik dapat dibedakan menjadi antara lain :
  • Konflik status antarperorangan, contohnya konflik antara suami dengan istri karena masalah pendidikan anaknya.
  • Konflik status perorangan, yaitu konflik yang harus dirasakan oleh batin dalam diri orang itu sendiri. Misalnya seorang hakim yang harus mengadili saudaranya sendiri.
  • Konflik status antarkelompok, yaitu konflik yang terjadi antar kelompok karena kelompok yang satu merasa dirugikan oleh kelompok lain.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: