Pengertian Laporan, Pokok Laporan dan Contoh Laporan

Pengertian Laporan, Pokok Laporan dan Contoh Laporan. Pada artikel kali ini webmateri akan memberikan materi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Materi ini adalah untuk SMP/MTS kelas VIII. Materi yang akan disajikan kali ini adalah materi mengenai Pengertian Laporan, Pokok Laporan, dan Contoh Laporan.

Pengertian Laporan
Laporan adalah sesuatu yang dilaporkan. Sesuatu tersebut dapat berupa penelitian, perjalanan, ataupun peristiwa. Dalam penulisan dan penyampaian laporan, tentu terdapat beberapa kesalahan ataupun kekurangan sehingga diperlukan analisis atau penilaian dari orang lain. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam memenuhi laporan adalah sistematika atau susunannya dan bahasa yang akan digunakan.

Contoh Teks Laporan
Berikut ini merupakan contoh dari Laporan perjalanan :
Menapaki Keindahan Papandayan
Hari masih pagi. Kami berenam, saya bersama empat rekan sekantor dan satu teman dari Bandung, memulai perjalanan berbau petualangan di kaki Gunung Papandayan. Kami mengawali perjalanan bersepeda pada awal bulan Januari 2005 itu dari Sedep, salah satu bagian perkebunan teh malabar yang berjarak sekitar 50 kilometer selatan dari Kota Bandung. Tekadnya, menaklukkan jalur sepanjang perkebunan teh hingga mencapai kawah pada Ketinggian 2.300 meter diatas permukaan laut
Keindahan puncak Papandayan sudah terkenal sejak zaman Belanda. Ini terungkap dalam beberapa brosur yang diterbitkan Bandoeng Vooruit, sebuah perkumpulan penggemar wisata di Bandung, pada tahun 1930-an. Disana Gunung Papandayan selalu dipromosikan nomor satu
Dengan tenaga yang terkuras habis, akhirnya kami sampai di sebuah pertigaan, ke kanan turun ke Cileuleuy, ke kiri naik menuju kawah Papandayan. Oleh karena benar-benar sudah letih, kami meutuskan membuka tenda dan bermalam. Target untuk dapat mencapai kawah hari itu diurungkan.

Esoknya, pagi hari kami kembali mengayuh sepeda. Istirahat panjang membuat perjalanan terasa lebih ringan. Tepat pukul tujuh pagi, kami tiba dikawah Papandayan.
Kami melanjutkan perjalanan naik ke puncak Papandayan dengan berjalan kaki. Sepeda kami titipkan disebuah pos di dekat kawah karena tidak mungkin mengayuh sepeda sampai ke puncak. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai puncak.
Pemandangan pada ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut itu sungguh menakjubkan. Di sebelah timur, Kota Garut terlihat samar-samar. Di sebelah barat, perkebunan teh terhampar bagai permadani hijau raksasa. Menghadap ke utara, kami melihat Gunung Puntang berdiri menantang. Lalu, di selatan tampak garis biru lautan Hindia menyajikan panorama yang mempesona. Hilanglah segala kepenatan sehari sebelumnya setelah berjam-jam mengayuh sepeda.

Pengertian Laporan, Pokok Laporan, Contoh Laporan

Pokok Laporan
Pokok-Pokok Laporan dari Teks Laporan perjalanan Menapaki Keindahan Papandayan :
  • Kami berenam mulai melakukan petualangan di kaki Gunung Papandayan.
  • Keindahan Papandayan sudah terkenal sejak Zaman Belanda.
  • Oleh karena sudah letih, kami membuka tenda dan bermalam.
  • Tiba di kawah Papandayan tepat pukul tujuh pagi.
  • Naik ke puncak Papandayan dengan berjalan kaki.
  • Pemandangan pada ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut itu sungguh menakjubkan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: