Sumber Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia

Sumber Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia. Pada artikel kali ini Webmateri akan membahas tentang materi dari mata pelajaran IPS pada kelas VII. Tentang sumber sejarah masuknya islam di Indonesia.

Apa saja sumber sejarah masuknya Islam di Indonesia ?
Proses masuknya agama islam ke Indonesia memiliki beberapa pendapat tentang masuknya agama Islam ke Indonesia.
Beberapa pendapat itu dijelaskan sebagai berikut :

Pada Abad ke-7 Agama Islam Masuk Ke Indonesia.
Hal ini didasarkan pada :
  • Berita dari Dinasti Tang (Cina), berita ini menyatakan bahwa Raja Tashih (Tache) mengurungkan niatnya menyerbu Holing (Kaling) yang diperintah oleh Ratu Shima (674). Nama Tashih diidentifikasikan dengan Arab sehingga Raja Tashih diperkirakan Raja Arab.
  • Buku Hasin-Tang-Shu, dibuku ini tercatat bahwa pada tahun 674 di pantai Barat Sumatra telah ada pemukiman pedagang Arab. Mungkin daerah yang dimaksud adalah Barus.
Pada Abad Ke-8 Agama Islam Masuk Ke Indonesia.
Hal ini didasarkan pada berita Jepang, berita ini memuat catatan perjalanan Pendeta Kanshin yang menceritakan bahwa pada tahun 784 di Pelabuhan Kanton, Cina, Telah berlabuh kapal-kapal Ta-Shih dari Arab. Kapal-kapal tersebut sempat singgah di Kepulauan Indonesia.

Pada Abad Ke-9 Agama Islam Masuk Ke Indonesia.
Hal ini didasarkan pada berita Cinta dari Dinasti Tang. Berita ini menyebutkan bahwa telah terjadi perpindahan orang-orang muslim dari Kanton ke Kedah dan Palembang.

Pada Abad Ke -10 Agama Islam Masuk Ke Indonesia
Hal ini didasarkan pada pendapat seorang ahli sejarah Indonesia yang bernama Sartono Kartodirjo. Menurut beliau pada tahun 913 di Siak, Sumatra Utara telah ada perkampungan muslim.

Pada Abad Ke-11 Agama Islam Masuk Ke Indonesia
Hal ini didasarkan pada di Leran, Gresik ditemukan sebuah makam seorang wanita Islam bernama Fatimah Binti Maimun (putri Dewi Swara) yang berangka tahun 475 H atau 1082 M.

Pada Abad Ke-13 Agama Islam Masuk Ke Indonesia
Hal ini didasarkan pada hal-hal sebagai berikut :
  • Perjalanan Marco Polo, Marco Polo adalah pedagang dari Venesia (Italia). Dalam perjalannya pulang dari Cina, ia singgah di Peureula (Perlak), ia menulis dalam catatannya bahwa Perlak di Aceh Utara pada tahun 1292 sudah banyak penduduk yang beragama Islam.
  • Makam Sultan Malik as Saleh yang merupakan Raja Samudra Pasai. Makamnya berangka tahun 635 H atau 1297 M dan dituliskan Arab. Hal ini menunjukkan bahwa Sultan ini adalah penganut agama Islam.
  • Berita Ibnu Batutah dari India, pernah mengunjungi Samudra Pasai, ia menceritakan bahwa sultan di Kerajaan itu telah giat menyebarkan agama Islam.
Pada Abad Ke-14 Agama Islam Masuk Ke Indonesia
Hal ini didasarkan pada di Munje Tujoh, Aceh Utara, ditemukan dua nisan berangka tahun 1380 dan 1389. Kedua nisan itu menunjukkan tahun meniggalnya putrid Sultan Malik al Taher (Sultan Akhmad), Sultan Samudra Pasai yang ketiga. Di Troloyo dan Trowulan yang merupakan bekas lokasi istana Majapahit, terdapat makam muslim kuno. Makam Troloyo bertahun 1376 dan Trowulan bertahun 1368.
via : freepik.com

Pada Abad Ke-15 Agama Islam Masuk Ke Indonesia
Hal ini didasarkan pada hal-hal berikut :
  • Catatan dari Ma Huan, Ma Huan adalah seorang muslim Cina yang pada tahun 1461 mengunjungi pesisir utara Jawa. Pada tahun 1451 menuliskan buku “Ying-Yai Sheng-lan” (Uraian kota-kota pantai). Kesaksian Ma-Huan memperkuat pendapat bahwa Agama Islam sudah dianut oleh keluarga raja Majapahit sebelum dianut oleh penduduk daerah pesisir.
  • Gresik terdapat nisan Malik Ibrahim (salah seorang dari Wali Sanga) yang meninggal pada tahun 1419. Nisan membuktikan bahwa agama Islam sudah masuk di pesisir utara Jawa.
Pada Abad Ke-16 Agama Islam Masuk Ke Indonesia
Hal didasarkan pada  keterangan Tome Pires dalam bukunya “Suma Oriental”. Menurut Tome Pires, penyebaran agama Islam di Indonesia dilakukan oleh para pedagang muslim dari Gujarat (India), Persia, dan Arab.

Demikian artikel yang berisikan materi mengenai Sumber Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia. Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda. Untuk artikel materi lainnya anda dapat lihat di daftar isi dari webmateri.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: