Rangkuman Materi Agama Kelas XII Bab 4

Rangkuman Materi Agama Kelas XII Bab 4 merupakan artikel yang berisi ringkasan atau rangkuman materi dari mata pelajaran yang ada pada kelas XII semester satu khusus untuk bagian Bab 4. Untuk rangkuman materi Bab lainnya dapat anda lihat pada artikel lainnya di webmateri. Mari kita simak bersama rangkuman dari Bab 4 dibawah ini.

BAB 4
Tentang Perilaku Terpuji


Apa arti dari Perilaku Terpuji ?
Perilaku terpuji adalah perbuatan baik yang disukai Allah SWT. Yang memberikan kebaikan kepada diri sendiri dan orang sekitar. Contoh dari perilaku terpuji antara lain adalah Melakukan Amal Saleh, Bersikap Adil, Bersikap Rida.

Apa penjelasan mengenai Melakukan Amal Saleh ?
Menurut pengertian kebahasaan amal berarti perbuatan dan saleh berarti baik. Jadi amal saleh berarti perbuatan baik. Menurut istilah dalam pengertian yang khusus amal saleh atau perbuatan yang baik ialah setiap hal yang mengajak dan membawa ketaatan terhadap Allah SWT, atau setiap perbuatan yang mengantar pada ketaatan terhadap Allah SWT, baik perbuatan lahir maupun batin. Dalam pengertian yang umum, amal saleh ialah perbuatan, lahir atau batin, yang berakibat pada hal yang positif atau bermanfaat. Amal saleh harus dilandasi dengan iman.

Apa saja syarat sahnya amal saleh seseorang ?
  • Amal saleh itu dikerjakan dengan niat ikhlas karena Allah SWT semata.
  • Amal saleh itu hendaknya dilakukan secara sah, sesuai dengan petunjuk syara’.
  • Dilakukan dengan mengetahui ilmunya.
  • Apabila amal-amal saleh itu dikerjakan dengan niat ikhlas karena Allah, sesuai dengan ketentuan syara’ dan sesuai dengan ilmunya, tentu akan mendatangkan kebaikan-kebaikan baik bagi kehidupan di alam dunia maupun bagi kehidupan di alam akhirat

Apa penjelasan dari Bersikap Adil ?
Dalam kamus bahasa Indonesia, kata adil berasal dari bahasa Arab yang berarti tidak berat sebelah, jujur, tidak berpihak, atau proporsional. Pengertian adil menurut istilah ilmu akhlak dapat dikemukakan sebagai berikut :
  • Meletakkan sesuatu pada tempatnya.
  • Menerima hak tanpa lebih dan memberikan hak orang lain tanpa kurang.
  • Memberikan hak setiap yang berhak secara lengkap, tidak melebihi dan tidak mengurangi, antara sesama yang berhak dalam keadaan yang sama, dan menghukum orang jahat atau melanggar hukum sesuai dengan kesalahan dan pelanggarannya.

Menurut pengertian tersebut, jelaslah bahwa “Adil” termasuk akhlaqul karimah yang harus dimiliki oleh setiap Muslim/Muslimah, seseorang hendaknya berlaku adil terhadap diri sendiri, kedua orangtuanya, bangsa dan negaranya, bahkan terhadap khaliqnya, Allah SWT.

Orang yang memiliki sifat adil akan menyadari bahwa setiap orang harus mempertanggungjawabkan semua perbuatannya, setiap orang tidak akan menanggung perbuatan dosa orang lain, dan setiap orang akan memperoleh hak sesuai apa yang telah diusahakannya.

Apa penjelasan mengenai Bersikap Rida ?
Kata rida berasal dari bahasa Arab yang artinya rela dan menerima dengan suci hati. Menurut istilah rida berarti menerima dengan rasa senang apa yang diberikan oleh Allah baik berupa peraturan, hukuman, ataupun qada atau ketentuan nasib.

Apa saja contoh Rida itu ?
•    Rida terhadap hukum (peraturan) Allah SWT.
•    Rida terhadap qada dan qadar Allah SWT yang berkaitan dengan nasib.

via : freepik.com

Demikian artikel yang berisikan informasi tentang rangkuman materi Agama kelas XII semester 1 bagian Bab 4. Untuk artikel lainnya dapat anda lihat di webmateri ini. Semoga artikel ini berguna bagi anda. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: